Jumat, 03 Mei 2013

Kerk'hof Madiun

Apa yang Tersisa dari Kerk'hof Madiun?

(Andrikpb) Di bawah siang hari yang panas menyengat saya beranikan diri untuk bersepeda. Bersepada ke kota Madiun sambil bersafari bangunan-banguna tua kota Madiun. Menang sih, bangunan-bangunan tua di kota madiun masih banyak dan bagus tetapi ada juga yang keadaanya sudah tak terawat dan terbengkalai. Sambil bersepeda saya ingat sesuatu bahwa saya ingin melihat bekas kuburan orang-orang eropa dan nasrani di jalan candi sewu. Saya mendapat info ini ketika berdiskusi grup Pencinta Sejarah madiun (Historia Van Madioen) di facebook dan penelusuran melalui peta-peta kuno Madiun dari Internet. Merasa penasaran saya langsung menuju ke TKP. Sesampai disana sana, saya terkejut melihat semua ini. Makam-makam yang
tersisa tinggal beberapa saja, yang semuanya berkumpul kayak dalam satu kompleks. Menurut sumber yang saya ambil dari peta kuno (maps.kit.nl) wilayah pemakaman yang dalam bahasa Belanda disebut Kerk’hof sangat luas (Jalan Candi Sewu dulu bernama Kerk’hoflaan). Akan tetapi berhubung adanya pembangunan di zaman kemerdekaan makam-makam eropa dan nasrani di hancurkan dan lahannya untuk perumahan. Alangkah baiknya jika makam-makam tersebut tidak di hancurkan dan di rawat dengan baik agar bisa menjadi tempat wisata seperti yang ada di Jakarta, Surabaya dan Aceh. Di Sisa-sisa makam yang ada saya tidak temukan nama orang belanda atau orang eropa, dan yang tersisa hanya nama-nama pribumi. Bahkan orang bermarga batak pun dimakamkan disitu.Berdasarkan Info dari masyarakat sekitar bahwa bagian selatan makam adalah untuk orang pribumi yang beragama nasrani sedangkan yang di utara (perempatan jalan Candi sewu dan Prambanan) adalah makam untuk orang eropa yang kini sudah berganti dengan perumahan. Sempat saya telusuri ke arah utara yang berubah jadi perumahan akan tetapi tak ada temuan satu pun makam orang eropa. Berikut foto-foto sisa kerk'hof Madiun

Peta lokasi Kerk'hof Madiun (Merah) berdasarkan peta kuno (maps.kit.nl)
 dan lokasi Sisa-sisa Kerk'hof (kuning) (sumber Peta Googlemaps)

Sisa-Sisa Kerk'hof yang masih bertahan, yang ada disini adalah makam-makam
orang pribumi yang beragama Nasrani (sumber foto andrik suprianto)

Sisa-Sisa Kerk'hof Madiun (sumber foto andrik suprianto)
Saya sedang melihat-melihat sisa-sisa Makam (Sumber foto Andrik, Camera Qhoharrudin)
Saya sedang melihat salah satu makam yang benama "Pam Valentyn  Soepnel"
(Sumber foto Andrik, Camera Qaharrudin)
Makam Suami-istri di Kerk'hof (sumber foto andrik)


1 komentar:

  1. halo, salam kenal :)

    di dekat kerkhof ada pecel yang enak, namanya yu pakem. sudah sejak dulu jualannya, warungnya jadul. bukanya pagi jam 5, biasanya jam 9 sudah habis.

    kalau kerkhof yang sudah dihancurkan & dibangun rumah itu yang di bantaran sungai. itu perumahan dinas. setauku sudah tidak ada lagi nisannya

    BalasHapus