Selasa, 28 Oktober 2014

Candi Wringin Branjang

Candi Wringin Branjang
          (Andrikpbblitar) Candi ini adalah candi terunik dari beberapa candi yang pernah saya temui. Candi Wringinbranjang begitulah orang menyebutnya. Disebut candi wringin branjang karena dulu ada pohon beringin yang tumbuh dekat candi. Candi ini terletak sebalah selatan Gunung Kelud dengan Koordinat  8°0.172'S 112°16.906'E berada di bukit yang bernama Bukit Gedang, Dusun Sukomulyo, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari yang masih satu komplek dengan situs gadungan (sebelah utara Candi).
          Candi ini unik karena bentuknya seperti rumah atau pos jaga. Candi yang terbuat dari batu andesit ini memiliki bentuk kotak/persegi dengan atap limas, pintu masuk menghadap ke selatan. Pada bagian sisi sisi candi terdapat lubang ventilasi yang berbentuk bintang. Data yang saya peroleh candi
wringin branjang mempunyai ukuran panjang 400 cm, lebar 300 cm dan tingginya 500 cm. Masa pembangunan Candi ini adalah pada masa pemerintahan Raja Raden Wijaya dengan bukti pahatan angka tahun 1231 Saka/1309 M di balok batu pada situs gadungan yang berjarak hanya 100 m dari Candi. Funsgi dari Candi ini adalah kemungkinan untuk sebagai tempat pemujaan. 

Gambar kiri bentuk rumah pada Relief Candi Tegawangi, kediri yang ada kaki Candi,
Gambar Kiri Candi Wringin Branjang yang tanpa Kaki candi
         Arsitektur bangunan Candi Wringin Branjang terdiri dari Atap candi dan Badan Candi, dan tidak memiliki kaki candi. Perlu diketahui pada umumnya candi memiliki arsitektur yang terdiri dari 3 bagian yaitu Atap Candi, Badan Candi dan Kaki Candi. Menurut juru pelihara candi tersebut candi wringin branjang kemungkinan memiliki kaki candi, kaki candi tersebut masih perpendam di dalam tanah. Berdasarkan statment tersebut saya berusaha mencari sumber relief yang mengambarkan bangunan seperti Candi Wringin Branjang. Pada relief Candi Tigawangi, Kediri, terdapat gambaran relief rumah yang bentuknya seperti candi wringin branjang. Gambaran rumah tersebut memiliki kaki candi dan tangga masuk ke candi. Bentuk dari kaki candi dari Candi Wringin Branjang bisa diperkirakan seperti pada relief candi tegowangi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar